Senin, 21 Maret 2016

Terapkan Kurikulum 2013, Kemdikbud Siap Latih 285 Ribu Guru

Sahabat pembaca Info Guru, sudah tahukah anda bahwa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) mengukuhkan 917 narasumber dan instruktur nasional kurikulum baru. Ditargetkan pada tahun ajaran mendatang, 285 ribu guru dan kepala sekolah sudah berhasil dilatih oleh para instruktur kabupaten/kota.

Sementara itu Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikmen) Kemendikbud Hamid Muhammad menjelaskan, kemarin Kemdikbud melantik 761 instruktur nasional terdiri dari 148 instruktur untuk jenjang SD, 187 SMP, 232 SMA, 194 SMK dan jumlah itu masih akan ditambah lagi dengan 171 instruktur SLB. Narasumber nasional yang dilantik sebanyak 156 orang terdiri dari narasumber SD 21, SMA 47, SMK 31 dan SMP 40 orang dan dua pemateri umum.

"Para instruktur akan dinilai tiga aspek yaitu paradigma, kemampuan fasilitasi dan sikap," terangnya di Pusdiklat Kemdikbud Sawangan, belum lama ini.

Hamid menambahkan, nanti pada minggu kedua hingga akhir April akan dilakukan pelatihan instruktur nasional tingkat provinsi sebanyak 3.600 orang. Mereka selanjutnya akan melatih 66 ribu instruktur kabupaten/kota. Kemudian terakhir pelatihan tingkat sekolah yang akan melibatkan 285 ribu guru dan kepala sekolah. Pelatihan diperkirakan akan selesai pada akhir Juni sehingga pada tahun ajaran baru sekolah pun bisa menerapkan kurikulum yang telah direvisi.

Hamid menjelaskan, pelatihan instruktur nasional kurikulum ini memiliki tiga tujuan. Yakni menghasilkan insrutkur nasional yang memiliki pemikiran terbuka, instruktur yang menguasai ilmu pengetahuan sekaligus mampu menyampaikannya dan instruktur yang mampu menggerakkan orang lain untuk bersama-sama meningkatkan mutu pendidikan Indonesia.

Berita ini bersumber dari Okezone

Tidak ada komentar:

Posting Komentar