Senin, 04 April 2016

Pemerintah mengerahkan 770 ribu pengawas pada Ujian Nasional 2016.

Sahabat pembaca Info Guru, sudah tahukah anda bahwa Pemerintah mengerahkan 770 ribu pengawas pada Ujian Nasional 2016. Pemerintah tidak menerjunkan polisi, namun guru harus mampu menjadi pengawas ujian.

Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Kapuspendik) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Nizam mengatakan, 770 ribu pengawas itu terdiri dari guru dan juga perwakilan Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP). Nizam menjelaskan, tidak ada pengamanan dari aparat kepolisian karena pemerintah tidak mau ada suasana mencekam saat UN 2016 yang berlangsung.

"Ada 770 ribu pengawas yang kami terjunkan di semua sekolah pada ujian nasional 2016. Tidak ada polisi karena kita tidak ingin siswa takut," katanya.

Nizam menerangkan, sudah ada prosedur pengawasan yang berisi larangan dan sanksinya. Larangan terberat adalah memberi contekan, membantu menjawab soal dan juga menyebarkan kunci jawaban atau mengganti dan mengisi lembar jawaban UN 2016. Bagi pengawas yang kedapatan melanggar maka dibebastugaskan sebagai pengawas dan dijatuhi sanksi sesuai ketentuan perundang-undangan. Adapun rasio pengawas kelas ialah 1:10.

Mengenai pengawas dari perguruan tinggi negeri (PTN), Nizam menuturkan, pengawas dari PTN sudah tidak dipakai lagi karena tidak efektif. Daripada pengawas PTN diterjunkan satu di setiap sekolah mereka lebih baik datang ke sekolah untuk inspeksi mendadak. Ataupun terjun langsung ke lapangan jika ada kasus pelanggaran UN 2016 yang ditemukan.

"Karena jarak antara PTN dengan sekolah jauh. Lalu mereka pun masih ada pekerjaan di kampus sehingga tidak bisa meninggalkan kampus lama hanya untuk menjadi pengawas ujian nasional 2016," tuturnya.

Pada intinya adalah, ungkap Nizam, Kemdikbud ingin meningkatkan marwah peran PTN untuk tidak hanya menjadi pengawas. PTN dalam UN 2016 terlibat pada pembuatan pembuatan bank soal hingga mengkaji kisi-kisi. Selain itu beberapa PTN seperti UI, ITB, UGM dan juga ITS telah dilibatkan dalam pemindaian naskah soal ujian nasional berbasis komputer (UNBK).

Berita ini bersumber dari Okezone.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar